1. Definisi Pengantar Teknologi Sistem Cerdas
Pengantar Teknologi Sistem
Cerdas merupakan salah satu cabang Ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan
pemanfaatan mesin untuk memecahkan suatu masalah yang rumit dengan cara yang
lebih manusiawi. Pengantar Teknologi Sistem Cerdas adalah serangkaian system
yang di bangun manusia untuk memudahkan pekerjaan manusia dengan mengandalkan
mesin atau sebuah program yang terkomputerisasi. atau biasa disebut dengan
kecerdasan buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang
bisa diatur dalam konteks ilmiah atau kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti
ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam
suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat
dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan
antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan
syaraf tiruan dan robotika.
2. Sejarah Teknologi
Sistem Cerdas
Pada
awal abad 17, René Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa
melainkan hanya mesin-mesin yang rumit. Blaise Pascal menciptakan mesin
penghitung digital mekanis pertama pada 1642. Pada 19, Charles Babbage dan Ada
Lovelace bekerja pada mesin penghitung mekanis yang dapat diprogram.
Bertrand Russell dan Alfred North Whitehead menerbitkan Principia Mathematica, yang merombak logika formal. Warren McCulloch dan Walter Pitts menerbitkan "Kalkulus Logis Gagasan yang tetap ada dalam Aktivitas " pada 1943 yang meletakkan pondasi untuk jaringan syaraf.
Tahun 1950-an adalah
periode usaha aktif dalam AI. Program AI pertama yang bekerja ditulis pada 1951
untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I di University of Manchester (UK):
sebuah program permainan naskah yang ditulis oleh Christopher Strachey dan
program permainan catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz. John McCarthy membuat
istilah "kecerdasan buatan " pada konferensi pertama yang disediakan
untuk pokok persoalan ini, pada 1956. Dia juga menemukan bahasa pemrograman
Lisp. Alan Turing memperkenalkan "Turing test" sebagai sebuah cara
untuk mengoperasionalkan test perilaku cerdas. Joseph Weizenbaum membangun
ELIZA, sebuah chatterbot yang menerapkan psikoterapi Rogerian.
Selama tahun 1960-an dan
1970-an, Joel Moses mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan simbolis untuk
mengintegrasikan masalah di dalam program Macsyma, program berbasis pengetahuan
yang sukses pertama kali dalam bidang matematika. Marvin Minsky dan Seymour
Papert menerbitkan Perceptrons, yang mendemostrasikan batas jaringan syaraf
sederhana dan Alain Colmerauer mengembangkan bahasa komputer Prolog. Ted
Shortliffe mendemonstrasikan kekuatan sistem berbasis aturan untuk representasi
pengetahuan dan inferensi dalam diagnosa dan terapi medis yang kadangkala
disebut sebagai sistem pakar pertama. Hans Moravec mengembangkan kendaraan
terkendali komputer pertama untuk mengatasi jalan berintang yang kusut secara
mandiri.
Pada tahun 1980-an,
jaringan syaraf digunakan secara meluas dengan algoritma perambatan balik, pertama
kali diterangkan oleh Paul John Werbos pada 1974. Tahun 1990-an ditandai
perolehan besar dalam berbagai bidang AI dan demonstrasi berbagai macam
aplikasi. Lebih khusus Deep Blue, sebuah komputer permainan catur, mengalahkan
Garry Kasparov dalam sebuah pertandingan 6 game yang terkenal pada tahun 1997.
DARPA menyatakan bahwa biaya yang disimpan melalui penerapan metode AI untuk
unit penjadwalan dalam Perang Teluk pertama telah mengganti seluruh investasi
dalam penelitian AI sejak tahun 1950 pada pemerintah AS.
Tantangan Hebat DARPA, yang
dimulai pada 2004 dan berlanjut hingga hari ini, adalah sebuah pacuan untuk
hadiah $2 juta dimana kendaraan dikemudikan sendiri tanpa komunikasi dengan
manusia, menggunakan GPS, komputer dan susunan sensor yang canggih, melintasi
beberapa ratus mil daerah gurun yang menantang.
3. Teknologi Sistem
Cerdas Dalam Kehidupan Sehari-hari
1.VENDING
MACHINE
Vending Machine adalah mesin yang digunakan untuk mengeluarkan/menjual
produk secara otomatis tanpa ada operator. Operator tidak perlu menunggu mesin,
tetapi hanya bertugas untuk mengisi, memeriksa ketersediaan barang yang dijual
dan memeriksa mesin. Saat ini vending machine mudah kita jumpai di
negara-negara maju yang digunakan sebagai alat untuk menjual berbagai macam
produk.
Cara kerja vending machine adalah dengan melakukan pembayaran (baik
menggunakan uang ataupun sistem lainnya) kepada mesin kemudian memilih produk,
setelah itu produk yang dipilih akan segera keluar.
2. SIRI
Siri
adalah program komputer yang bekerja sebagai asisten pribadi cerdas. Bagian
dari sistem operasi Apple Inc. iOS, watchOS, macOS, and tvOS. Siri menggunakan
bahasa natural antarmuka pengguna untuk menjawab pertanyaan, membuat
rekomendasi, dan melakukan perintah dengan mengirimkan permintaan kepada
layanan Web. Siri berdaptasi dengan bahasa yang digunakan pengguna dan
pencarian yang digunakan oleh pengguna secara kontinu sebagai preferensi, dan
memberikan hasil yang sesuai. Siri awalnya dikenalkan sebagai aplikasi iOS yang
tersedia di App Store oleh Siri Inc., yang diakusisi kemudian oleh Apple pada
28 April 2010. Ada beberapa aksen dan kombinasi gender untuk suara Siri.
3.
ATM
ATM (Automatic teller machine atau
automated teller machine, di Indonesia juga kadang merupakan singkatan bagi
anjungan tunai mandiri) adalah sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah
bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani
oleh seorang “teller” manusia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar