Trend Sist / Ti di Masa Depan
TREND SIST / TI MASA DEPAN
API (Application Programming Interface) adalah kumpulan perintah, fungsi, dan protokol yang dapat digunain oleh programmer saat membuat perangkat lunak untuk sistem operasi tertentu. API adalah sebuah bahasa dan format pesan yang digunain program aplikasi untuk berkomunikasi dengan system operasi seperti system manajemen database (DBMS) atau komunikasi protocol. API diimplementasikan dengan menulis fungsi panggilan atau sintaks dalam program, yang menyediakan sarana yang diperlukan untuk meminta layanan program.
Keuntungan memprogram dengan menggunakan API adalah:
- Portabilitas. Programmer yang gunain API dapat menjalankan programnya dalam sistem operasi mana saja asal sudah ter- install API-nya. Sedangkan system call beda antar sistem operasi, dengan catatan dalam implementasiinya mungkin saja berbeda.
- Lebih Mudah Dimengerti. API menggunakan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti daripada bahasa system call.
- Lebih Mudah Dimengerti. API menggunakan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti daripada bahasa system call.
PEMASARAN DIMENSI
Untuk memahami sistem informasi, harus memahami organisasi, manajemen, dan dimensi teknologi informasi dari sistem lebih luas dan kekuasaannya untuk memberikan solusi terhadap tantangan dan masalah dalam area bisnis. Dilihat pemahaman yang lebih luas tentang sistem informasi, yang meliputi pemahaman tentang dimensi manajemen dan organisasi dari sistem serta dimensi sistem teknis, sebagai literasi sistem informasi. Literasi komputer, sebaliknya berfokus terutama pada pengetahuan tentang teknologi informasi.
SISTEM INFORMASI ADALAH LEBIH DARI SEBUAH KOMPUTER
Organisasi
Organisasi memiliki strukturnya yang terdiri dari berbagai tingkat dan spesialisasi. Struktur mengungkapkan pembagian kerja yang jelas. Wewenang dan tanggung jawab dalam bisnis perusahaan sebagai hirarki, atau struktur piramida.
LEVEL DI PERUSAHAAN
Para ahli dipekerjakan dan dilatih untuk bisnis yang berbeda. Fungsi bisnis utama, atau tugas-tugas khusus yang dilakuin oleh bisnis organisasi, terdiri dari penjualan dan pemasaran, manufaktur dan produksi, keuangan dan akuntansi, dan sumber daya manusia (lihat Tabel 1).
FUNGSI BISNIS UTAMA
Sebuah organisasi pekerjaan melalui hirarki dan melalui proses bisnis, yang merupakan tugas secara logis terkait dan perilaku untuk mencapai kerja. Kembangin produk baru, memenuhi pesanan, dan mempekerjakan karyawan baru adalah contoh dari proses bisnis.
Manajemen
Tugas manajemen adalah memberikan masukan dari situasi yang dihadapi oleh organisasi, membuat keputusan, dan merumuskan rencana tindakan untuk memecahkan masalah organisasional.
Teknologi Informasi
Teknologi informasi merupakan salah satu alat yang digunain manajer untuk mengatasi perubahan. Perangkat keras komputer adalah peralatan fisik yang digunain untuk input, proses, dan output dalam suatu sistem informasi. Ini terdiri dari: komputer dari berbagai ukuran dan bentuk (termasuk perangkat genggam ponsel), berbagai masukan, output, dan perangkat penyimpanan, dan perangkat telekomunikasi yang terhubung secara bersama-sama .
ROBOT MANUSIA
Robot humanoid merupakan alat mekanik yang struktur bentuknya mirip dengan tubuh manusia. Alat ini dibuat dan terus dikembangin dari tahun ke tahun dan difungsiin sebagai objek penelitian pada beberapa bidang ilmu. ini perlu diketahui struktur dan pola gerak manusia, namun alat ini juga memiliki fungsi lain yaitu dikembangin dengan tujuan agar bisa berinteraksi dengan manusia.
Perkembangan dunia robot terus melaju dan melahirkan inovasi-inovasi baru, tidak hanya muncul pada film-film fiksi ilmiah alat mekanik ini kini sudah diproduksi dan jadi bagian dari industri teknologi. Ada beberapa jenis yang umum dikenal, pertama jenis yang memiliki roda sebagai penggerak. Biasanya fungsinya mindahin suatu barang ke barang lain dan sering disebut sebagai robot mobile.
PEKERJA TEKNOLOGI INFORMASI BAGI MASA DEPAN DAMPAK POSITIF KEMAJUAN TEKNOLOGI INFORMASI
Perkembangan teknologi juga dapat bisa jadi dampak positif dan dampak negatif, hal ini dilihat dari berbagai bidang yaitu:
1) Bidang politik
· Timbulnya kelas menengah baru Pertumbuhan teknologi dan ekonomi di kawasan ini akan mendorong munculnya kelas menengah baru. Kemampuan, keterampilan serta gaya hidup mereka sudah tidak beda dengan kelas menengah di negara-negera Barat.
· Proses regenerasi kepemimpinan.Sudah barang tentu peralihan generasi kepemimpinan ini akan berdampak dalam gaya dan substansi politik yang diterapkan. Nafas kebebasan dan persamaan semakin kental.
2) Bidang Informasi dan komunikasi
· Kita akan lebih cepat ngedapetin informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet.
· Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah. Dan lain-lain
3) Bidang Ekonomi dan Industri
· Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
· Terjadinya industrialisasi.
· Produktifitas dunia industri semakin meningkat
4) Bidang Sosial dan Budaya
· Bedanya kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis.
· Tekanan, kompetisi yang tajam di pelajari aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirin generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.
5) Bidang Pendidikan
· Munculnya media massa, khususnya di elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan
· Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka.
TREND SIS / TI DALAM BIDANG BISNIS
TUJUAN BISNIS
Pengertian bisnis
Bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakuin oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen .
Usahawan atau pelaku bisnis harus mampu memadukan 4 macam sumber daya yaitu :
1. Sumber daya Materi
2. Sumber daya Manusia
3. Sumber daya Keuangan
4. Sumber daya Informasi
Perusahaan barsifat dinamis mengalami kemajuan dan kemunduran pada saat bergerak melalui siklus hidupnya. Perubahan atas kondisi ekonomi dan pasar memerlukan pemikiran kembali atas strategi perusahaan metode dan sarana yang digunakan untuk menghadapinya.
Tujuan Bisnis
Setiap bisnis atau perusahaan berusaha ngolah bahan untuk dijadiin produk yang dibutuhkan oleh konsumen, produk dapat berupa barang atau jasa.Tujuannya adalah unruk mendapatkan laba, yakni imbalan yang diperoleh oleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi konsumen.
TEKNOLOLOGI INFORMASI DAN DUNIA BISNIS
Seiring dengan kemajuan teknologi, hal tersebut banyak manfaat yang sangat berguna bagi kemajuan dan kesejahteraan kehidupan manusia. Salah satu bukti nyata tentang kemajuan teknologi sangat terasa di bidang IT atau teknologi informasi. Berikut ini adalah beberapa kegunaan IT dalam bidang bisnis :
- Munculnya peluang bisnis baru yakni E-Business.
- Munculnya peluang bisnis baru yakni E-Business.
Google merupakan salah satu contoh dari E-Commerce atau E-Business. E-Business merangkap berbagai hal seperti teknologi jaringan, lowongan pekerjaan, layanan customer, dll. Google merupakan sebuah bukti nyata dimana search engine tersebut banyak digunakan oleh semua orang dan memudahkan semua orang dalam mencari sesuatu di internet.
- Memperluas Pangsa Pasar.
Salah satu manfaat IT dalam bidang bisnis adalah memperluas pangsa pasar. Dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi, para pelaku bisnis dapat memantau beberapa daerah yang berprofit tinggi dan bisa dijadikan lahan untuk meraup keuntungan demi keberlangsungan bisnis yang mereka lakuin. Contohnya, Indonesia merupakan sebuah negara yang terdiri dari SDM yang mencapai angka ratusan juta. Hal ini menarik para pelaku bisnis besar untuk memproduksikan bisnisnya ke Indonesia. Hal tersebut menjadi salah satu contoh dalam upaya para pelaku bisnis dalam memperluas usaha bisnisnya.
- Mengurangi biaya produksi dan operasional.
Kemajuan teknologi dapat bantu setiap perusahaan dalam mengurangi biaya produksi dan juga mengurangi operasional. Hal tersebut bisa terlihat dari setiap perusahaan yang menggunakan mesin dalam melakukan pekerjaannya.
PROSEDUR PENDIRIAN BISNIS, KONTRAK KERJA, DAN PROSEDUR PENGADAAN
1. Tahapan pengurusan izin pendirian
2. Tahapan pengesahan menjadi badan hukum
3. Tahapan penggolongan menurut bidang yang dijalani
4. Tahapan mendapatkan pengakuan, pengesahan dan izin dari departemen lain yang terkait
Kontrak Kerja
Kontrak kerja adalah suatu perjanjian antara pekerja dan pengusaha secara lisan dan/atau tulisan, baik untuk waktu tertentu maupun untuk waktu tidak tertentu yang memuat syarat-syarat kerja, hak dan kewajiban.
Prosedur Pengadaan
Prosedur pengadaan terdiri dari prosedur pengadaan tenaga kerja dan prosedur pengadaan barang dan jasa.
A. Prosedur Pengadaan Tenaga Kerja
- Perencanaan Tenaga Kerja.
Perencanaan tenaga kerja adalah penentuan kuantitas dan kualitas tenaga kerja yang dibutuhkan dan cara memenuhinya.
2. Penarikan Tenaga Kerja
Penarikan tenaga kerja diperoleh dari dua sumber, yaitu sumber internal dan sumber eksternal. Sumber internal yaitu menarik tenaga kerja baru dari rekomendasi karyawan lama dan nepotisme, berdasarkan sistem kekeluargaan, misalnya mempekerjakan anak, adik, dan sebagainya
3. Seleksi Tenaga Kerja
Ada lima tahapan dalam menyeleksi tenaga kerja, yaitu seleksi administrasi, tes kemampuan dan psikologi, wawancara, tes kesehatan dan referensi (pengecekan).
APLIKASI BISNIS TEKNOLOGI INFORMASI
ASPEK PEMASARAN
- Pengertian Pemasaran
Pemasaran adalah kegiatan pemasaran untuk jalanin bisnis (profit/nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan jasa, netapin harga, mendistribusikan, serta promosiin melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
- Analisis situasi pasar
- Perencanaan Barang (Product)
Atribut – atribut produk adalah sesuatu yang melengkapi manfaat utama produksi sehingga mampu lebih memuaskan konsumen.
2. Penetapan Harga (Price)
Harga adalah nilai pertukaran atas manfaat produk (bagi konsumen maupun bagi produsen) yang umumnya dinyatain dalam satuan moneter (rupiah, dollar, yen, ruppe, dan sebagainya).
- Program Promosi (Promotion)
Promosi adalah pesan yang dipromosiin langsung kepada calon pembeli melalui berbagai unsur yang terdapat dalam program promosi.
- Saluran Distribusi (Place)
Salah satu keputusan yang sangat penting sebelum memulai usaha adalah memilih lokasi yang tepat dan strategis sebagai usaha.
- Segmentasi pasar
Segmentasi pasar adalah proses membagi – bagi pasar yang semula heterogen menjadi beberapa kelompok pasar yang sekarang sikapnya lebih seragam. Tujuan segmentasi pasar adalah untuk memperoleh bagian pasar yang mempunyai karakter dan perilaku yang lebih seragam.
- Strategi promosi
Promosi adalah pesan yang dibicarakan langsung kepada calon pembeli melalui berbagai unsur yang terdapat dalam program promosi. Kegiatan promosi dapat berupa :
- Iklan (menginformasikan produk pada masyarakat)
- Penjualan langsung (langsung ke konsumen)
- Promosi penjualan (untuk membeli lebih banyak produk)
- Hubungan masyarakat (citra baik tentang produk
- Publikasi (promosi gratis)
PROSES DAN STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS TEKNOLOGI INFORMASI
A. Dasar Perencanaan
Proses perencanaan dapat dilaksanakan menyeluruh, misalnya dalam perencanaan korporat, perencanaan strategis, atau perencanaan jangka panjang. Bisa juga dilakukan per divisi atau unit bisnis stategis menjadi rencana divisi atau anak perusahaan tertentu di dalam suatu korporasi yang lebih besar.
B. Tantangan Implementasi
Pada bahasan ini, kita membahas mengenai tantangan implementasi bisnis kepada pengembangan system. Kata implementasi bermuara pada aktivitas, adanya aksi, tindakan, atau mekanisme suatu sistem.
Masalah yang dihadapi dalam implementasi tersebut biasanya adalah sebagai berikut :
1. Pengguna tidak mengetahui kemampuan teknologi yang dapat digunain untuk bantu proses bisnis yang dikerjakannya setiap hari, dan pada tahap analisa developer juga tidak mengetahui benar-benar proses bisnis yang berlangsung atau juga karena standard dari developer yang kurang dalam membuat program sehingga program yang dihasilin adalah program yang baik.
2. Kedua belah pihak tidak memahami asumsi dan ketergantungan yang ada dalam system dan bisnis proses, sehingga pada tahap implementasi jika ada bagian dari proses bisnis yang belum di cover oleh system dan kemudian dibuatkan fungsi baru yang ternyata menimbulkan masalah.
3. Dalam implementasi system terintegrasi, dimana pengguna tidak dapat menjadikan implementasi sebagai prioritas pertama, dimana pengguna yang sudah disibukkan dengan kegiatan operasional akan berpura-pura menyetujui, menjalankan dan mengikutinya tetapi pada kenyataannya semuanya tidak berjalan sesuai dengan harapan. Akan membutuhkan CETL yang lama jika dijadikan sebagai resource untuk aplikasi BI.
C. Pengembangan Sistem Bisnis
Sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dengan aktivitas orang/user, yang menggunakan teknologi itu, untuk mendukung operasi dan manajemen. Jadi, bisa dipastiin bahwa semua perusahaan butuh. Nah, ketika kita membicarakan perusahaan, maka kita akan berbicara juga mengenai profit. Dan manakala kita membicarakan profit, otomatis kita pasti akan juga membicarakan manajemen. Karena dengan manajemen yang baik, pastinya akan menghasilkan profit yang baik juga. Itulah peluang yang sangat besar jika kita mulai melihat Pengembangan Sistem Informasi sebagai proyek bisnis kita kelak.
ATURAN E-BUSSINESS PADA BISNIS
· Komunikasi à adanya fasilitas dan media yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi, layanan, transaksi elektronik (pemesanan dan pembayaran secara elektronik) dan perpindahan barang dari penjual ke pembeli.
· Komersial à adanya sistem yang melaksanain transaksi online mulai dari promosi barang, pemesanan barang, pembayaran dan pengiriman barang.
· Proses bisnis àSetiap pelaku e-Business yang ingin melalukan transaksi elektronik dan mendapatkan manfaat semaksimal mungkin dari e-Business harus melakukan optimalisasi proses bisnis internal dengan memanfaatkan teknologi informasi agar aliran informasi, transaksi, maupun lama pengiriman barang menjadi dipersingkat, biaya transaksi menjadi lebih ekonomis jika dibandingkan dengan perdagangan yang dilakukan secara tradisional.
· Layanan à Bagi setiap institusi yang menjadi pelaku e-Business, penggunaan teknologi informasi dan internet seharusnya menjadikan layanan ke customer menjadi lebih baik, lebih ekonomis, dan lebih terjangkau.
· Learning à Untuk meningkatkan awareness baik diantara pengguna maupun pelaku e-Business, proses edukasi sangat penting agar semakin banyak anggota masyarakat yang menyadari manfaat dan kelebihan dari transaksi online.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar