Senin, 03 Desember 2018

Kelebihan & Kekurangan Sistem Cerdas




Teknologi berkembang sejak adanya revolusi industri dimana james watt menemukan mesin uap yang digunakan secara masif di seluruh eropa sehingga meningkatkan aktivitas ekonomi dan produksi. Pada abad 21 atau era sekarang teknologi berkembang lebih pesat lagi hal ini di tunjukan melalui ukuran transistor yang dapat diperkecil hingga berorde nanometer. Selain itu banyak penemuan – penemuan lain yang di kembangkan seperti komputer kuantum, terapi gen, energi terbarukan dan juga Internet of Things yang sekarang lagi marak – maraknya di gaunkan di dunia dan juga di indonesia.

Perkembangan teknologi yang pesat juga memunculkan kondisi yang menguntungkan dan juga merugikan bagi manusia itu sendiri. Mengapa demikian ?, karena teknologi yang berkembang memang mempermudah pekerjaan manusia di hampir seluruh bidang akan tetapi ketepatan dan efisiensi teknologi membuat pekerjaan yang membutuhkan manusia mulai tergantikan selain itu kemudahan teknologi yang memungkinkan seseorang lebih mudah mengerjakan sesuatu membuat orang itu cenderung malas untuk mengerjakan itu dan cenderung menginginkan hal instan. Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa keuntungan dan kerugian sistem cerdas.

Keutungan Teknologi Sistem Cerdas
  1. Dapat menyimpan banyak informasi tanpa adanya batasan
  2. Cepat dan akurat dalam memecahkan masalah bahkan masalah kompleks sekalipun
  3. Dapat digunakan tanpa adanya batasan waktu


Kerugian Teknologi Sistem Cerdas
  1. Digantinya pekerja manusia oleh mesin menyebabkan angka pengangguran meningkat
  2. Timbulnya ketergantungan akan teknologi
  3. Penggunaan yang berlebih membuat manusia jarang bersosialisai dengan lingkungan sosial mendorong manusia menuju sifat anti sosial
  4. Penggunaan teknologi secara berlebih juga dapat menimbulkan manusia cenderung malas mengerjakan pekerjaan dan menginginkan hal yang bersifat instan
Contoh Penggunaan Teknologi Sistem Cerdas dalam Bidang Kesehatan

Pada abad 21 para peneliti mulai melirik penggunaan sistem cerdas untuk bidang kesehatan. Banyak hal – hal yang telah di kembangkan mulai dari pengembangan diagnosis penyakit hingga operasi menggunakan robot untuk meningkatkan ke akuratan. Akan tetapi walaupun teknologi yang di kembangkan sudah maju masih ada beberapa hambatan semisal untuk tingkat lebih tinggi dimana dibutuhkan keahlian yang di dapat dari banyaknya pengalaman seorang dokter adalah hal yang sangat mahal dalam pengembangan sistem cerdas itu sendiri.

Pandang terhadap Penggunaan Sistem Cerdas di Indonesia

Menurut pandangan saya penggunaan sistem cerdas di indonesia akan terus meningkat. Salah satu alasan saya yakin bahwa perkembangan dan juga penggunaan sistem cerdas di indonesia akan maju adalah mulai munculnya perusahaan – perusahaan yang berbasis teknologi mungkin salah satunya adalah GO JEK dan Grab selain itu mulai banyaknya masyarakat indonesia yang melek teknologi membuat para pengembang teknologi akan semakin giat untuk mengembangkan teknologi mereka.

Perkembangan teknologi di indonesia juga harus melihat berbagai aspek karena di indonesia masih banyak mengalami kendala seperti kurangnya fasilitas dan alat yang memadai hingga banyak infrastruktur yang belum mendukung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar