Senin, 03 Desember 2018

Perbandingan Penggunaan Vending Machine di 3 Negara Asia


Menjadi negara yang memiliki teknologi termutakhir tentu diinginkan oleh sebagian besar bahkan semua masyarakat diseluruh dunia. Negara Jepang merupakan salah satu negara yang paling maju dalam dunia teknologi di kawasan Asia, sedangkan Singapura dan Malaysia merupakan negara yang maju dalam dunia teknologi di kawasan Asia Tenggara. Tulisan kali ini memuat tentang perbandingan penggunaan teknologi sistem cerdas di 3 negara Asia yakni Jepang, Singapura, dan Indonesia dalam penggunaan teknologi Vending Machine.

Seperti pembahasan sebelumnya, Vending Machine merupakan mesin otomatis yang mungkin sering kita temukan ditempat keramaian seperti terminal, stasiun, sudut kota, dan ruang terbuka umum lainnya. Mesin ini berfungsi layaknya seorang penjual yang sedang menjajakan daganganya, dimana mesin ini akan mengeluarkan barang yang pembeli atau kita inginkan dengan cara memilih barang tersebut setelah kita memasukkan uang kedalam mesin otomatis.

Berikut beberapa perbandingan tersebut :

Jepang

Jepang merupakan negara dengan vending machine terbanyak di dunia dengan perbandingan rata-rata 1 unit vending machine adalah untuk 23 orang dengan total kurang-lebih hampir 5 juta vending machine yang tersebar diseluruh Jepang. Dominasi vending machine di Jepang merupakan mesin otomatis penjual minuman dengan unit sebanyak antara 50-55% dari total keluruhan vending machine yang ada.

Keberadaan vending machine dalam jumlah besar sangat membantu kehidupan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari di Jepang. Vending machine di Jepang tidak sebatas hanya perihal menjual makanan ringan dan minuman, melainkan memiliki variasi penjualan yang sangat banyak seperti menjual makanan cepat saji, buah, beras, telur, aksesoris hp, majalah, bunga, payung, mobil, dan lain-lain.
  

Singapura

Bertransaksi dengan mudah dan nyaman adalah faktor-faktor yang membuat vending machine menjadi mesin otomatis yang tidak terpisahkan oleh kehidupan masyarakat maju layaknya singapura karena tingkat kesibukannya yang menyebabkan masyarakat tidak mempunyai banyak waktu untuk pergi ke toko untuk berbelanja. Negara tetangga itu kini memiliki 15 ribu mesin penjual otomatis untuk melayani 15 juta jiwa penduduknya dengan menjual barang dan jasa yang unik.

Variasi vending machine yang ada di Singapura lebih inovasi meskipun sedikit banyak mengadopsi dari mesin penjual otomatis yang ada di Jepang dengan menjual makanan ringan dan minuman tentunya, makanan cepat saji, salad, buku, boneka, perhiasan, es krim, laundry, bahkan dapat memesan sebuah mobil seperti implementasi yang ada di Jepang, dan lain-lain.

Indonesia

Vending machine memang bukan barang baru di Indonesia. Namun, perkembanganya di Indonesia tak begitu signifikan. Perkembangannya berbeda jauh dengan Jepang bahkan Singapura. Di negera Jepang dan Singapura, Vanding machine berkembang pesat hingga menjual beranekaragam barang dan jasa, mulai dari buah, sayur, minuman, hingga pakaian.

Berbeda dengan kedua negara tersebut, di Indonesia hanya ada sekitar 4.000 unit vending machine untuk lebih dari 250 juta penduduknya dengan 80% penggunaan mesin penjual otomatis ini masih terbatas untuk menjual minuman dan mesin top-up saldo kartu Kereta KRL, penjualan uang elektronik dan lainnya. Oleh karena itu, mungkin kita sulit menemukan mesin penjual otomatis ini dan hanya kita sering temukan ditempat keramaian seperti mal, tempat wisata, terminal, stasiun, bandara, dan beberapa tempat umum saja.

Kesimpulan

Jika di Indonesia mencari sebuah vending machine lebih sulit dibandingkan mencari sebuah warung atau toko sembako, sangat bertolak belakang dengan di Jepang yang hampir setiap sudut kotanya terdapat banyak unit mesin canggih ini. Dengan perkembangan yang sangat pesat diseluruh dunia, potensi Vending machine untuk semakin populer masih sangat besar di Indonesia. Teknologi akan terus berkembang, maka sudah seharusnya masyarakat dan pemerintah dengan bijak mengikuti perkembangan teknologi tersebut dengan terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dan agar negera kita tidak semakin tertinggal dengan negara lain.

Terima Kasih.


Referensi :
~https://www.wego.co.id/berita/mengapa-banyak-vending-machine-di-jepang
~https://biz.kompas.com/read/2017/12/08/114616128/riwayat-dan-asa-vending-machine-di-indonesia
~http://travel.tribunnews.com/2018/03/02/vending-machine-lagi-populer-di-singapura-inilah-4-produk-unik-yang-dijual-dengan-mesin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar